VOC merupakan serikat kongsi dagang belanda yang berdiri pada 20 maret 1602. Fungsinya VOC adalah menyatukan pedagang-pedagang belanda agar tidak terjadi persaingan antar pedagang Belanda.

Lalu mengapa tidak boleh terjadi persaingan antar pedagang belanda? Masalah ini berkaitan dengan masalah ekonomi. Bila terjadi persaingan antar pedagang, maka harga rempah-rempah yang dijual pedagang belanda akan menjadi murah, sebab persaingan pedagang menyebabkan rempah-rempah yang dijual menjadi melimpah, akibatnya harga menjadi turun. Akibat turunnya harga rempah-rempah pajak yang diterima pemerintah belanda semakin sedikit.

Untuk menyiasati hal tersebut, pemerintah belanda membentuk kongsi dagang, agar mampu mengendalikan harga rempah-rempah. Disamping itu VOC didirikan untuk menyaingi kongsi dagang inggris di India, dan memperkuat perdagangan melawan pedagang nusantara, cina, india, dan arab.

Kesimpulannya VOC didirikan untuk menyatukan pedagang belanda agar tidak terjadi persaingin. Selain itu VOC didirikan untuk menyaingin kongsi dagang inggris dan pedagang dari nusantara, cina, india, dan arab.