Dalam pelajaran biologi terdapat istilah "ekosistem, komunitas, dan populasi" yang ketiganya agak sulit dibedakan pengertiannya. padahal ketiganya memiliki definisi yang berbeda-beda namun saling berkatian, karena itu kita harus memahami dengan seksama pengertian dan perbedaan dari ketiganya. berikut penjelasan ringkas mengenai "ekosistem, komunitas, dan populasi".

1.) Populasi 
merupakan kumpulan suatu mahluk hidup yang sama jenisnya. Contohnya populasi kerbau di sawah, artinya kumpulan kerbau yang ada disawah. Maka kerbau yang ada di hutan tidak termasuk dalam populasi ini

2.) Komunitas
merupakan sekumpulan mahluk hidup yang terdiri dari beberapa populasi yang mendiami suatu daerah baik berinteraksi atau tidak namun tidak terjadi hubungan timbal balik antara satu dengan yang lainnya. Misalnya dalam suatu kolam terdapat katak, ikan koi dan teratai. ketiga mahluk hidup ini hidup ditempat yang sama namun tidak terjadi hubungan timbal balik antara ketiganya. ikan koi tidak melakukan simbiosis mutualisme, komensalisme, ataupun parasitisme pada mahluk hidup lainnya, begitu pula dengan katak dan teratai. Karena itu hal diatas disebut sebagai "komunitas kolam".

3.) Ekosistem
adalah sekumpulan mahluk hidup yang terdiri dari beberapa populasi yang mendiami suatu daerah dan terjadi hubungan timbal balik. Misalnya adalah padang rumput. terdapat kerbau, rumput dan burung. kerbau dengan rumput terjadi simbiosis mutualisme yaitu kerbau mendapatkan makanan dari rumput, dan rumpu mendapat pupuk alami dari kotoran kerbau. Kemudian burung dengan kerbau terjadi simbiosis mutualisme juga yaitu burung mendapatkan makanan berupa kutu-kutu kerbau, dan kerbau terbebas dari kutu yang menempel di tubuhnya. Karena itu kita dapat menyebutnya sebagai ekosistem padang rumput.